Ketika Puasa Ramadhan

Cara Minum GFO Ketika Puasa Ramadhan dan puasa sunnah lainnya (Bagi Umat Muslim)

Jam Berbuka:
GFO + Soya (air biasa, tidak dingin atau panas) à ½ jam kemudian minum air putih 2 gelas

Setelah shalat Maghrib:
Boleh makan nasi + lauk pauk + air putih

Setelah shalat Tarawih:
GFO + Apple Juice à ½ jam kemudian minum air putih 2 gelas

Waktu Sahur:

GFO + Soya (air biasa, tidak dingin atau panas) à ½ jam kemudian minum air putih 2 gelas + (Bila perlu, boleh) makan nasi & lauk pauk ½ porsi + Buah2an + air putih

Catatan:
• Minum GFO Minimal 3x mulai jam berbuka sampai Imsak (ideal)
• Minum air putih minimal 2 liter mulai jam berbuka sampai waktu imsak tiba.
• Buatkan Soya lebih kental atau 3 sendok (plastik) dalam 1 gelas agar Stamina dan kondisi Anda fit di siang hari.
• Jangan makan berlebihan pada minggu2 pertama puasa, dan untuk menghindari rasa ingin buang ai kecil   saat Taraweh, minum air putihnya yang banyak adalah selepas Taraweh dan waktu2 di antaranya hingga menjelang Imsak. Saat berbuka, cairan tubuh telah dapat tercukupi dari susu soya dan GFO, jadi air putihnya secukupnya saja.

8 Responses to “Ketika Puasa Ramadhan”

  1. pakarfisika Says:

    salam,

    tulisan yang bagus dan saya sangat sangat senang menemukan blog ini, semoga barokah jalinan silaturrahmi ini. amien…19x.

    wassalaam,

  2. zueadna Says:

    Assalamualaikum wbt & salam ukhuwah dari saya di Kuala Lumpur. Ingin bertanya, bagaimana ya jika konsum GFO pada bulan Ramadhan especially ketika berbuka di khuatiri apabila mengerjakan solat Tarawikh akan jadi tidak selesa kerana kita akan kerap terasa hendak membuang air kecil kerana setelah konsum GFO kita kena minum banyak air masak selepas 1/2 jam. Diharap saudari boleh beri cadangan. Terima kasih.

  3. Mama Selma Says:

    Wa’alaikum Salam Wa Rohmah Saudariku Zueadna,

    Saya memahami kekhawatiran anda. Membuat saya sadar bahwa keterangan di atas kurang jelas.
    Intinya, usahakan cairan (tidak termasuk GFO) yang masuk ke dalam tubuh minimal 2liter mulai waktu berbuka hingga menjelang imsak. Jadi jumlah itu boleh dikatakan sudah termasuk cairan selain air putih, misanya susu soya, teh hangat, dll.
    Agar waktu Taraweh tidak terganggu oleh rasa ingin buang air kecil, minum air putihnya yang banyak boleh selepas konsumsi GFO yang sepulang taraweh dan waktu2 di antaranya hingga menjelang imsak.
    Semoga informasi ini bermanfaat ya, dan selamat menjalakan ibadah puasa Ramadhan.

    Salam,
    Mama Selma (Iva)

  4. hasan Says:

    bagaimana kalau konsunsi GFO hanya 2 x dalam bln romadhan ini diminum saat saur dan berbuka saja,tentunya dng nsai 1/2 porsi.terimaksih mohon penjelasan

  5. Mama Selma Says:

    Pak Hasan,
    Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Jika dimaksudkan untuk memastikan kecukupan nutrisi selama bulan Ramadhan, minimal GFO diminum sebanyak 2x seperti yang sudah bapak laksanakan, itu sudah betul.

    Namun jika sekalian hendak dimaksudkan untuk proses detoks, diusahakan minimal 3x sesuai cara konsumsi di atas, minimal selama 7 hari.
    Mengapa demikian, karena untuk progam detoks, minimal 7 hari kita hanya konsumsi bahan organik. Jika masih terasa lapar, silakan mengkonsumsi Melilea Organic Soya Drink. Setelah lewat 7 hari, selanjutnya boleh diseling dengan nasi 1/2 porsi.
    Analoginya, ibarat kita mengepel lantai (membersihkan racun/toksin) ketika masih basah, sayang kan kalau kita lewati, mending tunggu sampai kering atau minimal setengah kering.

    Demikian semoga membantu.
    Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.

  6. Arief Boediman Says:

    Mama Selma,

    Saya mau tanya dong..

    Saat sekarang ini tinggi saya 174 cm dan berat badan 80 kg..Tentu terjadi kelebihan berat badan ya…Nah saya maunya ikut program pengurusan berat badan nich tapi kalo dipikir2 setelah baca2 blog Mama Selma akhirnya saya mau detoksifikasi aja dulu…

    Masalahnya saya kan juga bekerja nich..Bagaimana kalo dalam bekerja itu nanti saya mengalami reaksi dan respon dalam tubuh…Maunya sich detoks satu bulan tadi gak kerja (supaya bisa lebih aman) tapi kan gak mungkin yach …

    Tolong dijawab ya ma…

    Kalo bisa balas ke email saya dech Mama Selma

    Terima kasih

  7. nad donat Says:

    wah trims atas tips berharganya… saya baru konsumsi susu kedelenya,,, rencana mingu depan mulai konsumsi GFO smg sukses selalu,,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: